10 cara mudah membedakan iPhone asli dan palsu!

Diposting pada

1. Adanya penyimpanan eksternal pada iPhone palsu

Namanya juga replika alias iPhone palsu, meski dari luar terlihat identik, namun jika dicermati lebih jauh masih ada perbedaannya.

Banyak iPhone palsu menawarkan slot microSD di bodi perangkat. Padahal, Apple sendiri belum pernah membuat iPhone dengan slot MicroSD.

Fitur dari Apple ini tampaknya sedikit mengganggu bagi pengguna setia iPhone, tetapi Anda dapat menggunakan ini sebagai cara untuk mengetahui apakah iPhone Anda asli atau palsu.

Jadi kalau kamu menemukan sesuatu yang aneh seperti ini, sudah pasti iPhone itu palsu, geng.

2. Lihat fitur dan spesifikasi

Melihat fitur dan spesifikasinya juga bisa menjadi referensi cara membedakan iPhone asli dan palsu. Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah ada fitur atau spesifikasi yang berbeda dengan produk iPhone asli.

Misalnya buat kamu yang bingung membedakan iPhone 7 asli atau palsu, kamu bisa mengecek apakah iPhone yang ingin kamu beli sudah mendukung fungsi Touch ID atau belum dan lain sebagainya.

Setiap generasi iPhone menawarkan spesifikasi dan fitur yang berbeda dan ini bisa menjadi pembeda bagi Anda.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli iPhone yang Anda inginkan, Anda harus terlebih dahulu benar-benar mengetahui fitur dan spesifikasi apa yang ditawarkannya, jangan sampai Anda tertipu oleh penjualnya.

3. Harga yang wajar

Harga yang tepat bisa menjadi cara untuk membedakan iPhone asli atau palsu. Jika Anda menemukan iPhone yang dijual dengan harga di bawah pasaran, Anda harus curiga dengan keasliannya.

Sayangnya, di zaman sekarang ini juga banyak oknum penjual online yang mengenakan harga normal untuk produk iPhone palsu yang mereka jual agar lebih meyakinkan.

Jadi, jika Anda berniat membeli iPhone secara online, sebaiknya cari tahu dulu tentang rating toko dan rating pembeli lainnya.

Faktanya, kewajaran kisaran harga adalah salah satu indikator paling jelas dalam membedakan iPhone asli dan palsu.

4. Tombol tangkapan layar di iPhone asli

Pengguna iPhone pasti sudah mengetahuinya. Bahwa iPhone bisa mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol lock dan home secara bersamaan.

Namun, metode ini biasanya tidak dapat dilakukan pada iPhone palsu atau tiruan. Replika HP iPhoen biasanya mengambil tangkapan layar dengan cara yang berbeda.

Perbedaan sistem operasi menyebabkan iPhone replika memiliki metode screenshot yang berbeda dengan iPhone asli.

Oleh karena itu, Anda juga dapat memeriksa ini untuk membedakan iPhone asli dengan iPhone palsu dengan mudah.

5. iPhone Asli dengan layar Retina

Soal cara membedakan iPhone asli dan iPhone palsu memang cukup sulit bila tidak ada perbandingannya.

Jadi jika Anda berencana untuk membeli iPhone, sebaiknya undang teman Anda yang juga memiliki iPhone agar dapat membandingkan perbedaan kualitas layar.

Jika terlihat buram, iPhone mungkin tidak menggunakan layar retina dan kemungkinan palsu.

Perlu Anda ketahui juga bahwa retina display merupakan bagian dari teknologi produk Apple yang diperkenalkan pada iPhone 4.

Layar retinanya sendiri sangat jernih dan halus karena memiliki resolusi tinggi.

6. Cek IMEI dan Garansi iPhone

Bingung cara membedakan iPhone asli dan iPhone rekondisi? Jika ya, cek saja nomor IMEI! Cara membedakan iPhone asli dan palsu cukup akurat.

Sebelum membeli iPhone, sebaiknya lihat dulu nomor IMEI yang tertera di kemasannya. Kemudian periksa situs web resmi Apple dan masukkan nomor IMEI.

Jika pemberitahuan yang sesuai muncul, dapat ditentukan bahwa itu adalah iPhone asli. Namun jika tidak, maka besar kemungkinan iPhone tersebut palsu.

7. Material yang digunakan

iPhone merupakan smartphone untuk kalangan menengah ke atas dan tentunya bahan yang digunakan pun lebih berkualitas.

Oleh karena itu, memperhatikan bahan casing iPhone juga bisa menjadi cara untuk membedakan iPhone asli dan iPhone palsu selanjutnya yang bisa Anda lakukan.

Jika iPhone Anda terlihat seperti terbuat dari bahan plastik murah, jangan membelinya karena mungkin iPhone palsu.

Sedangkan untuk membedakan iPhone 8 Plus asli dan palsu yang menggunakan material bodi kaca, Anda bisa mengecek apakah material kaca terasa kokoh dan kuat.

Perhatikan spesifikasi casing tipe iPhone yang Anda pertimbangkan untuk dibeli dan sesuaikan informasinya dengan barang yang ditawarkan.

8. Kualitas kamera

Salah satu alasan mengapa iPhone banyak dicari orang adalah kualitas kameranya yang tidak menipu.

Sementara sebagian besar ponsel Android di era sekarang berlomba-lomba memberikan efek cantik pada wajah pengguna, kamera iPhone justru merender foto apa adanya.

Meski begitu, kualitas kamera HP iPhone asli tidak boleh diremehkan, apalagi dengan resolusi yang tidak sehebat ponsel masa kini.

Nah, untuk mengetahui perbedaan antara kamera iPhone asli dan kamera iPhone tiruan, sebaiknya ajak teman Anda yang memiliki tipe iPhone serupa untuk membandingkannya.

9. Perhatikan sistem operasi yang digunakan

Selain App Store, sistem operasi HP juga menjadi cara membedakan iPhone asli dan palsu selanjutnya yang harus diwaspadai.

IPhone asli tentu saja menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sedangkan iPhone tiruan rata-rata menggunakan sistem operasi Android, sangat mudah untuk dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS.

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke menu Settings dan mengecek sistem operasi yang kamu gunakan.

10. Dukungan App Store

Biasanya produk smartphone yang diproduksi oleh Apple menyertakan toko aplikasi untuk mengunduh berbagai aplikasi.

Namun ini akan menjadi lain cerita jika Anda membeli iPhone palsu alias geng palsu. Soalnya, iPhone palsu umumnya tidak memiliki App Store tetapi digantikan oleh Google Play yang biasanya terdapat di ponsel Android.

Jadi, bagi Anda yang berencana membeli iPhone tetapi tidak tahu cara membedakan iPhone asli dan iPhone palsu, coba App Store. Begini caranya.

Pemeriksaan OS ini dapat dilihat sebagai metode yang akurat untuk membedakan iPhone asli dan HDC, karena versi OS keduanya tentu saja akan berbeda.

Kata terakhir

Berikut cara membedakan iPhone asli dan iPhone palsu (replika), yang dapat Anda lakukan jika ingin membeli iPhone bekas atau bahkan baru.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan detail pemotongan dan bahan logo Apple asli dan palsu agar lebih aman.

Jika kamu punya tips dan trik lainnya, jangan lupa untuk membagikannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.