Penggunaan iPhone mulai dari proses pembelian hingga pemasangan

Diposting pada

IPhone adalah smartphone dengan banyak peminat dari berbagai kelas dunia. Namun, banyak orang yang sering bingung saat membeli ponsel ini dari Apple. Pelajari cara menggunakan iPhone dari pembelian awal hingga pemasangan di bawah ini.

1. Pilih tempat pembelian resmi

Sebelum mengetahui cara menggunakan iPhone untuk pertama kalinya, sebaiknya pilih tempat resmi untuk membeli iPhone. Meski Indonesia belum memiliki Apple Store, namun kini sudah ada penjual atau distributor resmi produk Apple, misalnya iBox dan Digimap.

Keaslian iPhone baru yang didistribusikan oleh kedua distributor tersebut dijamin karena merupakan mitra resmi Apple. Maka Anda tidak perlu khawatir dengan masalah pemblokiran jaringan karena iPhone merupakan produk baru dari kedua pengecer tersebut karena ponsel tersebut didistribusikan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

2. Periksa fungsi dan casing iPhone

Saat membeli iPhone baru, coba cek kondisi iPhone. Anda dapat memeriksa secara singkat beberapa fitur penting dari iPhone. Misalnya, memutar audio, mengambil gambar, dan menghubungkan ke jaringan seluler atau WiFi.

Juga, periksa semua bagian tubuh iPhone yang akan Anda beli. Pastikan tidak ada cacat sama sekali. Meski iPhone dibuat dengan komponen berkualitas tinggi, kesalahan bisa saja terjadi dalam proses produksinya.

3. Tanyakan garansi yang diberikan

Saat membeli iPhone baru, penting bagi Anda untuk menanyakan tentang garansi telepon. Ini umum karena Anda mungkin tidak terbiasa dengan ekosistem iPhone. Untuk melakukan ini, Anda dapat meminta garansi terlebih dahulu dari penjual iPhone baru.

Misalnya menanyakan berapa lama garansinya, dimana garansi bisa diklaim, cover garasinya apa, dan lain sebagainya. Ini penting agar Anda terlindungi di kemudian hari jika ponsel bisa rusak atau terganggu.

4. Buat ID Apple

Langkah pertama untuk mendapatkan tips atau menggunakan iPhone adalah membuat ID Apple atau akun pengguna untuk perangkat Apple. ID Apple wajib bagi siapa saja yang menggunakan iPhone atau produk Apple lainnya. Anda tidak dapat menggunakan iPhone secara optimal tanpa ID Apple. ID Apple diperlukan untuk mengunduh aplikasi dari App Store.

Selain itu, ID Apple diperlukan untuk mengaktifkan fitur Temukan Saya untuk membantu menemukan iPhone yang hilang. Kemudian penyimpanan ID Apple juga berfungsi untuk mengaktifkan penyimpanan iCloud. Untuk membuat ID Apple, Anda dapat membuka https://appleid.apple.com/ menggunakan browser di laptop.

5. Mulai aktifkan iPhone

Dalam keadaan iPhone baru, setelah menyalakan iPhone, Anda akan diminta untuk memilih bahasa perangkat yang akan digunakan. Pilih bahasa perangkat sesuai dengan preferensi Anda, ada bahasa Indonesia, Jepang, Inggris dan sebagainya. Setelah itu, Anda perlu menghubungkan iPhone Anda ke koneksi internet (baik melalui Wi-Fi atau jaringan seluler) untuk memulai aktivasi. Kemudian Anda akan diminta untuk mengatur sistem keamanan untuk penguncian perangkat dengan memasukkan ID Wajah dan kata sandi numerik.

6. mengembalikan data

Setelah mengatur sistem keamanan perangkat, Anda akan dibawa ke halaman pemulihan perangkat. Jika Anda pengguna iPhone baru, silakan klik opsi “Jangan transfer aplikasi dan data”. Namun, jika Anda pernah menggunakan iPhone sebelumnya, Anda dapat memulihkan data lama ke iPhone Anda dengan mengklik opsi “Pulihkan dari Cadangan iCloud” (untuk data yang dicadangkan ke iCloud).

7. Masukkan ID Apple

Setelah pengaturan pemulihan data selesai, Anda harus memasukkan ID Apple Anda. Masukkan ID Apple yang Anda buat sebelumnya di tempat yang disediakan. Kemudian ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses aktivasi ini.

8. Mengunduh aplikasi dari App Store

Ketika iPhone berhasil masuk ke “Layar Beranda”, aplikasi default akan diunduh, mis. Misalnya, Peta, FaceTime, Buku, Cuaca, dll. Anda juga dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga atau tambahan dengan mengunjungi App Store App Store. Temukan aplikasi yang diinginkan di kotak pencarian dan klik opsi “Unduh”.

9. Mengaktifkan Find My

Seperti disebutkan di atas, fitur Find My memudahkan Anda menemukan iPhone Anda yang hilang. Untuk mengaktifkan fitur Temukan Saya, ketuk ikon roda gigi untuk mengakses menu pengaturan. Setelah itu, klik banner ID Apple di bagian atas halaman menu pengaturan. Pilih opsi “Lacak”, lalu klik opsi “Temukan iPhone Saya” dan geser sakelar ke hijau.

10. Pasang iTunes

Anda dapat melengkapi iPhone Anda dengan aplikasi iTunes yang diinstal pada perangkat desktop Anda (komputer atau laptop). Fungsi iTunes adalah sebagai wadah, sehingga Anda dapat menghubungkan iPhone ke desktop menggunakan koneksi kabel.

Demikian informasi kemudahan penggunaan iPhone mulai dari proses pembelian hingga pemasangan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.