Tips Membeli iPhone Baru Original Bagi Pemula

Diposting pada

iPhone, smartphone ini lebih disukai karena nuansa premium yang bisa dipetik dari desain casingnya. Meski harga yang ditawarkan untuk membeli iPhone cukup mahal, banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki smartphone Apple ini.

Mungkin salah satu dari Anda berencana untuk membeli iPhone. Namun sebelum Anda membelinya, ada baiknya Anda mengetahui tips membeli iPhone baru yang original.

Tips ini bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli iPhone baru asli karena saat ini banyak sekali produk iPhone rekondisi atau super clone yang beredar di pasaran.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti saat membeli iPhone baru yang asli.

Kiat untuk membeli iPhone asli baru

1. Membeli iPhone dari outlet ritel resmi

Untuk mendapatkan produk iPhone asli, sebaiknya kunjungi outlet resmi atau reseller resmi iPhone seperti iBox, Emax dan lain-lain.

Membeli iPhone dari tempat resmi menjamin kualitas iPhone yang akan Anda terima asli. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan keluhan tentang iPhone yang dibeli.

Jika Anda ingin membeli iPhone secara online, Anda harus memperhatikan riwayat penjual dan memilih toko resmi tempat Anda bisa mendapatkan garansi resmi dari Apple.

2. Periksa IMEI

Periksa IMEI iPhone, yang biasanya terdapat di bagian belakang kotak. Kemudian masukkan IMEI di website Apple untuk mengetahui keaslian iPhone
https://checkcoverage.apple.com/id/in/;jsessionid=node019iovioxks65j17uwfcl9fwzzm2170137.node0

Periksa IMEI iPhone.

Jika iPhone yang Anda beli belum diaktifkan, saat Anda memasukkan IMEI di situs web, tertulis “Silakan aktifkan iPhone Anda”. Itu berarti iPhone masih baru dan belum pernah dibuka dari kotaknya.

Namun, jika iPhone memiliki informasi tentang kapan garansi berakhir, iPhone telah diaktifkan sebelumnya.

Periksa IMEI iPhone.

Cocokkan juga IMEI di bagian belakang kotak iPhone dengan IMEI di iPhone. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Umum > Tentang.

Jika informasi di iPhone dan kotaknya cocok, silakan beli iPhone.

3. Periksa kesehatan iPhone

Periksa secara detail semua fitur iPhone yang Anda pertimbangkan untuk dibeli, mulai dari layar sentuh, kamera, suara, tombol home dan volume, dan lainnya.

Coba akses aplikasi App Store. Saat Anda membuka aplikasi dan Google Play terbuka, Anda dapat memastikan bahwa iPhone adalah iPhone palsu.

4. Periksa kondisi kotak iPhone

Pastikan juga kotak iPhone yang ingin Anda beli masih tersegel dengan baik atau iPhone telah dibuka dan ditutup sebelumnya.

5. Periksa iPhone dengan iTunes

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah memeriksa iPhone Anda di iTunes. Ini dirancang untuk memeriksa apakah nomor seri dan IMEI iPhone dikenali oleh iTunes atau tidak. Dalam hal ini, gunakan informasi pada IMEI iPhone Anda untuk memeriksa kembali apakah ini benar atau tidak.

Jika tidak cocok, Anda perlu meminta penjual dan meminta untuk menggantinya dengan perangkat lain.

Setelah itu, Anda bisa masuk ke website selfsolve.apple.com dan memasukkan serial number iPhone untuk mengecek apakah iPhone yang Anda beli sudah terdaftar oleh Apple atau tidak.

6. Cari kode negara di kotak iPhone

Untuk masalah garansi, iPhone tidak menawarkan garansi internasional karena hanya ada garansi regional. Artinya, iPhone yang Anda beli hanya memenuhi syarat untuk mendapatkan garansi di negara tempat iPhone tersebut diterbitkan.

Untuk mengetahui dari negara mana iPhone tersebut berasal, dapat dilihat di bagian belakang kiri bawah kotak:

Kode negara untuk mengklaim garansi iPhone.
Jika iPhone yang Anda beli terdaftar dengan kode ZP/A, berarti iPhone tersebut berasal dari Singapura. Artinya, Anda hanya dapat mengklaim garansi di Singapura dan tidak dapat mengklaim garansi di negara lain.

Berikut adalah contoh kode negara untuk iPhone:

SAYA/J: Malaysia.
LL/A: Amerika.
X/A: Australia.
ZP/A: Singapura, Hong Kong.
PA/A: Indonesia.

Jika Anda membeli iPhone dari negara lain, tanyakan kepada penjual apakah dia dapat membantu dengan klaim garansi dan berapa lama prosesnya.

Ini adalah beberapa tips untuk membeli iPhone baru yang asli (asli), tetapi sebelum Anda membeli iPhone, Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda terima bukan iPhone rekondisi atau super copy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *